• Thursday 28 May 2015

    Cara Membuat Perkedel Kentang Spesial yang Enak dan Sederhana



    Cara Membuat Perkedel Kentang Spesial yang Enak dan Sederhana


    Perkedel kentang sendiri merupakan olahan yang terbuat dari kentang yang sederhana tetapi memiliki rasa yang sangat enak. Terdapat beberapa cara dalam membuat perkedel kentang, penggunaan bumbu yang beraneka ragam selain itu kentang juga bias dihaluskan dengan cara direbus, dikukus ataupun digoreng terlebih dahulu agar tidak lembek juga perkedelnya. Banyak kombinasi dari bahan lain seperti daging juga bisa menambah cita rasa.

    Resep berikut ini adalah cara membuat perkedel kentang yang enak dan sederhana, yaitu tanpa menggunakan daging atau kornet.  Tetapi rasanya tetap enak dan lezat. Bahan utamanya sangat mudah dengan menggunakan bahan yang sering di jumpai di sekitar kita. Bahannya yaitu kentang dan bumbu standard seperti seledri, telur, bawang merah, merica dan pala. Perkedel kentang ini cocok menjadi teman sayur ataupun sop.

    Resep Membuat perkedel kentang sederhana yang enak dan lezat antara lain

    Bahan dan bumbunya :

    1.       500 gram kentang kemudian dikupas sampai bersih.
    2.       1 batang daun seledri dan diiris-iris halus
    3.       1 butir telur, pisahkan antara kuning dan putih telurnya.
    4.       1 buah bawang merah kemudian digoreng dan dihaluskan
    5.       1/4 sendok teh merica bubuk
    6.       1/4 sendok teh pala bubuk
    7.       1/2 sendok teh garam
    8.       500 mili liter minyak untuk menggorengnya

    Cara membuatnya :

    1.    Panaskan terlebih dulu minyak goreng kedalam wajan kemudian masukkan kentang. Masak hingga warnanya  berubah danmenjadi  empuk. Angkat kemudian tiriskan sebentar.
    2.    Di dalam cobek yang besar, segera masukkan kentang yang sudah digoreng dalam keadaan masih panas, dan dihaluskan.
    3.    Setelah kentang halus, tambahkan pala, seledri, garam, merica bubuk, bawang merah dan kuning telur. Aduk-aduk sampai rata.
    4.    Kemudian Bentuk adonan kentang yang sudah dicampur dengan bumbu menjadi bulatan -bulatan pipih atau bentuk perkedel sampai adonannya habis.
    5.    Panaskan minyak goreng. Sementara itu kocok  putih telurnya. Jika minyak goreng sudah panas, celupkan perkedel kedalam putih telur hingga rata sebelum perkedel digoreng.
    6.     Goreng perkedel hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan, perkedel kemudian dibalik agar matangnya merata dan tidak gosong. Angkat kemudian tiriskan.
    7.      Perkedel siap untuk disajikan

    Itulah resep membuat perkedel kentang sederhana yang enak, pendamping nasi untuk makan siang. Semoga Resepnya bermanfaat bagi pembaca.


    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    :

    Related : Cara Membuat Perkedel Kentang Spesial yang Enak dan Sederhana